BisnisMarketing

7 Strategi Penjualan Online untuk Pemula

Aktivitas online saat ini sudah tidak dapat dibendung lagi, mulai dari pembelian, transaksi, penjualan DLL dilakukan secara online. Bagi pelaku usaha atau bisnis, mengetahui strategi penjualan online sangat penting untuk dapat mengimbangi aktivitas masyarkat tersebut. Tujuan utamanya yakni untuk dapat meningkatkan penjualan produk atau jasa, dengan harapan mendapatkan keuntungan lebih.

Sebelum adanya perkembangan teknologi digital saat ini, anda mungkin pernah melakukan promosi melalui billboard, radio, atau baliho. Untuk media Televisi tentunya hanya perusahaan besar saja yang mampu melakukannya, karena biayanya cukup mahal. Berbeda dengan saat ini yang bisa dilakukan secara online, seperti media sosial, aplikasi pesan online dan juga website.

Baca Juga : Cara Promosi Produk Melalui Whatsapp Business

Dari semua strategi tersebut, ternyata biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau, bahkan beberapa diantarnya gratis. Sebut saja Whatsapp yang hampir semua orang pasti mempunyai aplikasinya. Dengan memanfaatkan fitur broadcast dan juga status, anda bisa melakukan promosi gratis.

Tips dan Strategi Penjualan Online

Ketika anda sudah sukses melakukan strategi penjualan online yang jitu, tentunya omset maupun keuntungan bisa didapat dengan mudah. Akan tetapi, tidak semua orang tau bagaimana menjalankan strategi promosi yang efektif. Maka dari itu, silahkan anda memahami strategi yang kami berikan berikut!

Content Marketing

Apapun jenis promosi online yang anda pilih, baik Facebook, Instagram, Whatsapp, Blog DLL, konten adalah segalanya. Sederhananya, Content Marketing memberikan informasi mengenai usaha atau produk yang anda tawarkan.

Informasi tersebut sangat penting untuk ‘merayu’ dan memudahkan konsumen untuk membuat pilihan. Anda bisa membuat konten mengenai bahan, manfaat, kelebihan dan juga keunikan dari produk yang ditawarkan. Selain itu, anda harus bisa mengemas informasi yang dimaksud dengan sebaik mungkin, yang paling penting adalah mudah dipahami.

Visual Marketing

Sebenarnya, Visual Marketing juga termasuk dari promosi konten seperti halnya diatas. Namun kali ini lebih fokus pada titik tertentu, yakni berupa gambar atau video. Anda bisa menggunakan gambar ilustrasi atau video pendek untuk menarik minat konsumen.

Baca Juga : Cara Mudah Menghitung Laba Penjualan Yang Didapat

Seperti yang diketahui, minat baca di negara kita bisa dikatakan minim. Sedangkan gambar juga memiliki seribu makna, jadi sangat efektif untuk dijadikan sebagai salah satu strategi promosi penjualan online.

Strategi Penjualan Online dengan Affiliate Marketing

Pengertian Affiliate Marketing secara sederhana yaitu kerja sama antara pihak penjual dan penjual lainnya. Contohnya, apabila anda mempunyai barang yang kemudian dijual oleh orang lain, maka dari hasil penjualan yang laku tersebut, anda memberikan fee sesuai kesepakatan awal.

Strategi penjualan online yang satu ini cukup efektif, dimana anda bisa mempunyai ‘banyak tangan’ untuk mendapatkan keuntungan lebih. Tentunya anda tidak perlu repot untuk melakukan promosi berlebih bukan? Anggap saja mereka yang menjadi Affiliate tersebut sudah melakukannya.

Google Bisnisku

Banyak fitur dari Google yang sangat berguna untuk kelancaran promosi anda, salah satunya yaitu Google Bisnisku. Strategi ini sangat efektif bagi anda yang memiliki usaha dengan target konsumen lokal. Anda bisa mencantumkan alamat usaha tersebut kedalam Google yang nantinya akan ditampilkan di Google Map.

Terdapat sistem review yang juga disediakan, jadi manfaatkan sebaik-baiknya agar anda mendapatkan review positif dari pelanggan sebelumnya. Dengan semakin banyak review positif, tentunya semakin banyak mengundang calon konsumen baru bukan?

Email marketing untuk Strategi Penjualan Online

Di tengah maraknya aplikasi pesan online saat ini, apa sih untungnya menggunakan email sebagai media promosi? Jangan salah ya, hampir pengguna media sosial juga mempunyai email sebagai syarat pendaftarannya. Maka dari itu, email juga sangat efektif sebagai strategi penjualan online di masa pandemi.

Dengan email marketing, anda bisa menentukan siapa penerimanya dengan cukup mudah. Selain itu, terkesan lebih personal karena anda langsung menghubungi calon konsumen dan melakukan interaksi dua arah. Terlebih, biaya yang harus dikeluarkan tidak terlalu mahal, meskipun anda menggunakan layanan email blaster.

Social Media Marketing

Kalau yang satu ini tidak boleh ditinggalkan sebagai materi strategi pemasaran online ya, karena sudah hampir digunakan oleh semua pelaku bisnis. Seperti halnya yang telah disebutkan diatas, anda bisa menggunakan Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial andalan lainnya.

Akan tetapi anda tidak boleh melupakan poin penting nomor satu dan dua diatas ya, yaitu konten dan visual. Jika anda bisa menggabungkan strategi tersebut, jangan heran jika penjualan anda akan semakin meningkat. Tinggal hitung saja omset dan keuntungan yang didapat.

Influencer Marketing

Pernah melihat video Instagram, Tiktok atau lainnya yang dibuat oleh influencer? Anda juga bisa membuat seperti itu juga sebagai strategi penjualan yang efektif. Bahkan hasil yang didapatkan cukup instan karena akan memberikan efek pada saat itu juga.

Rekomendasi : Teknik dan Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif

Namun anda perlu mengeluarkan modal lagi ya, karena tidak murah untuk membayar influencer yang mempromosikan usaha anda. Apalagi jika mereka sudah mempunyai banyak followers atau audience, pasti bisa lebih mahal lagi.

Penutup

Beberapa tips dan strategi penjualan online diatas memerlukan konsistensi, jadi pastikan anda mempunyai waktu luang untuk terus melakukannya. Sebelum melakukan semua tips dan strategi tersebut, anda juga harus menyiapkan mental dan juga rencana yang matang ya! Karena tidak ada cara yang instan, semua memerlukan proses yang harus dijalankan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button