BisnisFintech

Bagaimana Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang Yang Benar?

Seperti yang Kita lihat, bisnis jasa pengiriman barang atau biasa dikenal dengan ekspedisi saat ini sedang moncer-moncernya. Ini tidak lain karena perkembangan marketplace yang semakin bagus dan juga perubahan preferensi masyarakat dari transaksi offline ke online. Makanya, alangkah sayang kalau bisnis ini tidak dicoba. Buat Anda yang masih menggali informasi tentang cara membuka usaha jasa pengiriman barang, ulasan berikut ini mungkin yang Anda cari.

Berapa Sih Modal Buka Jasa Pengiriman?

Ngomong-ngomong soal modal usaha, bisnis ini tergantung pada frenchise yang Anda ikuti. Setiap brand menerapkan sistem yang berbeda. Namun secara umum, Anda hanya menyiapkan modal utama kurang lebih Rp. 5-10 juta. Persiapan ini belum cukup untuk ruangan yang digunakan sebagai kantor, perlengkapan ekspedisi; printer, timbangan, perangkat komputer, kertas dll. Dengan kata lain, modal awal yang disiapkan bervariasi. Tergantung pada skala usaha yang dijalankan dan juga kemitraan yang dicoba.

Apa Saja Cara Membuka Usaha Jasa Pengiriman Barang?

Menggeluti bidang jasa pengiriman tidak serta merta hanya mempersiapkan kantor, uang membangun brand atau kerjasama frenchise, dan perlengkapan di kantor saja. Anda tetap harus mempersiapkannya dengan matang seperti melakukan beberapa cara berikut ini:

Menentukan Spesialisasi Pengiriman

Perlu diingat, jangkauan bisnis ekspedisi itu luas. Jadi harus ditentukan nantinya akan menspesifikasikan pada bidang apa. Beberapa contoh yang bisa Anda jadikan referensi antara lain pengiriman paket dan barang, pengiriman antar daerah atau provinsi, dan pengiriman antar negara.

Baca juga : Pemasaran Bisnis Sangat Penting Dan Berpengaruh

Kalau masih bingung menentukan mana yang tepat, Anda bisa melihatnya dengan menentukan waktu pengiriman, jenis barang, riset pasar langsung seperti apakah di sekitar Anda banyak orang yang membutuhkan jasa pengiriman ke luar negeri apa tidak. Jika sudah, tentukan spesialisasinya.

Menentukan Target Pasar

Selanjutnya adalah menentukan target pasarnya dalam artian siapa konsumennya. Sebagai contoh, Anda memilih jasa pengiriman barang dan paket. Nah, target pasarnya ini bisa bermacam-macam, misalnya pemilik toko disekitar kantor, perusahaan, dsb.

Nah, kenapa orang-orang ini bisa dijadikan target pasar? Mudah saja, karena orang-orang ini membutuhkan jasa Anda. Jadi pastikan cari siapa orang-orang yang membutuhkan bisnis Anda dan posisikan diri Anda sebagai solusi.

Mulai Susun Rencana Keuangan

Ketika sedang membangun sebuah bisnis, yang pasti akan ada yang namanya pengeluaran. Hal ini penting untuk diperhatikan supaya Anda bisa merinci seberapa banyak modal yang dibutuhkan. Beberapa hal utama yang sudah pasti Anda butuhkan antara lain gaji karyawan, biaya sewa kantor, biaya operasional hingga biaya pemasaran.

Pastikan untuk merinci semua kebutuhan sampai yang terkecil dan lihat, apakah budget Anda sudah tersedia dengan pengeluaran sebanyak itu. Jika Anda masih belum bisa memenuhi biaya ini, Anda bisa memikirkan sumber dana lain yang bisa digunakan.

Badan Hukum Usaha

Badan hukum usaha merupakan hal yang lebih kompleks dan ini sangatlah penting. Secara umum, Anda bisa memilih jenisnya antara lain:
• Kemitraan umum
• Kepemilikan perseorangan
• Perseroan terbatas

Setiap struktur di atas memiliki sistem dan kebijakan yang berbeda termasuk pembagian aset, pengaturan ketenagakerjaan, pajak dan sebagainya.

Lokasi Usaha

Lokasi usaha menjadi salah satu yang terpenting dalam menjalankan bisnis ekspedisi. Pastikan letak kantor mudah dijangkau oleh konsumen. Semakin Anda dekat dengan konsumen, semakin pesat bisnis Anda.

Siapkan Tim

Dalam menjalankan usaha ini, Anda tidak mungkin melakukannya sendiri. Nah, tidak ada salahnya merekrut beberapa karyawan. Pastikan Anda mencantumkan spesifikasi dan harapan yang jelas agar bisa memiliki visi dan misi yang sama.

Nah, bagaimana menurut Anda? Membuka sebuah bisnis memang harus disiapkan secara matang meskipun ini di bidang jasa. Karena pada akhirnya, konsumen adalah raja dan yang menentukan masa depan bisnis Anda. Salam moncer.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button