Bisnis

Bisnis Minuman Nata De Seaweed

Bisnis Minuman Nata De Seaweed – Nata De Seaweed adalah sejenis nata de coco namun terbuat dari rumput laut. Rumput laut yang digunakan yakni Eucheuma atau Glacilaria. Bentuknya yang kenyal-kenyal dan dipotong kubus inilah yang membuat mirip dengan nata de coco (yang terbuat dari kelapa).

Dalam proses pengentalannya untuk menghasilkan nata, melalui sebuah proses fermentasi menggunakan bakteri Acetobacter xylinum. Waktu fermentasi yang diperlukan lebih lama dari proses produksi nata de coco yang terbuat dari air kelapa. Nata de seaweed ini tidak kalah kandungan gizinya dengan nata de coco.

Bisnis minuman dari bahan nata de seaweed mungkin masih jarang namun prospek Bisnis Minuman Nata De Seaweed ini terbilang menjanjikan. Minuman dengan bahan dasar olahan rumput laut memberikan prospek menjajikan untuk dijadikan bisnis.

Baca juga : 7 Strategi Penjualan Online untuk Pemula

Anda bisa menjalankan bisnis minuman tersebut dengan menjual secara gerobakan maupun warung sederhana atau bisa juga membuka gerai di pusat perbelanjaan. Yang lebih penting yakni bukalah bisnis minuman Anda tersebut pada lokasi yang mendukung seperti dekat tempat olahraga, sekolahan, rest area dan lain sebagainya.

Proses Pembuatan Nata De Seaweed

  • Siapkan beberapa helai rumput laut kemudian bersihkan dengan air sampai bau amisnya menghilang. Lalu blender rumput laut tersebut secukupnya jangan terlalu halus. Lalu saring untuk diambil filtratnya saja.
  • Filtrat tersebut ditambahkan air hingga mencapai volume media sekitar 1500 ml, lalu dimasak selama ± 10 menit.
  • Lalu masukkan larutan gula aren (kurang lebih 7.5%, 10% atau 12.5%) dan ammonium sulfat sekitar 15 g, kemudian tambahkan sari jeruk nipis secukupnya, aduk rata hingga pH media menunjukkan nilai 3 – 4.
  • Setelah selesai dimasak, lalu taruh adonan tersebut pada wadah fermentasi atau wadah khusus yang telah distrelisisasikan. Lalu wada ditutup dengan kain kasa. Diamkan selama satu malam dengan suhu ruangan. Setelah didiamkan selama satu malam, tambahkan zat Acetobacter xylinum sebesar 10%. Setelah itu anda dapat menutupnya kembali dengan kain kasa, kemudian lanjutkan proses fermentasi selama 10 hari pada suhu ruangan.
  • Penyimpanan dilakukan selama sebelas hari. Di hari kesebelas buka kembali wadah tersebut dan nata de seaweed sudah jadi dengan bentuk lembaran-lembaran dan kenyal. Kemudian dipotong-potong menjadi kubus atau kotak-kotak dan siap disajikan sebagai pelengkap minuman segar khas rumput laut.

Rekomendasi : Contoh Bisnis Musiman Modal Kecil Yang Meraup Untung Besar

Bagaimana, Tertarik menekuni bisnis olahan rumput laut yang satu ini? Bisnis Minuman Nata De Seaweed akan menjanjikan keuntungan yang besar jika Anda benar-benar serius dan telaten dalam menjalankan bisnis tersebut.

Bagi anda yang selama ini memiliki bisnis interest khususnya di bidang kuliner, salah satu olahan rumput laut ini mungkin dapat menjadi referensi yang bisa dan layak untuk anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat, dan salam sukses selalu !!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also
Close
Back to top button