Keuangan

Seberapa Pentingnya Cara Membuat Catatan Keuangan Usaha Itu?

Mungkin banyak pengusaha yang belum tahu cara membuat catatan keuangan usaha, padahal laporan keuangan ini sangat penting bagi sebuah bisnis. Kebanyakan dari pengusaha lebih mengutamakan strategi pemasaran dan kualitas produk yang akan dijual.

Tanpa adanya catatan keuangan, tentu Anda akan merasa kesusahan saat ingin mencari tahu kemana modal digunakan dan untuk apa. Atau misalnya terjadi tindak kecurangan yang dilakukan karyawan Anda seperti mencuri uang, tentu Anda tidak bisa mencari bukti.

Seberapa Pentingnya Catatan Keuangan Usaha Itu
pixabay.com

Begini Langkah dan Cara Membuat Catatan Keuangan Usaha

Membuat detail pengeluaran dan pemasukan ini sangat penting, terutama bagi Anda yang baru saja merintis usaha. Karena meskipun baru awal dan belum banyak pemasukan atau pengeluaran, namun kita tidak tahu hal apa yang akan terjadi akibat kita tidak mencatat laporan keuangan tersebut.

Maka dari itu, sekecil apapun usaha tersebut lebih baik untuk tetap memiliki notulen keuangan agar lebih teratur. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat catatan keuangan usaha yang harus Anda tahu.

Catat Pengeluaran Kas

Cara membuat catatan keuangan usaha yang pertama adalah dengan mencatat pengeluaran kas yang digunakan untuk membiayai keperluan usaha. Pastikan Anda mencatat pengeluaran kas ini dengan rapi dan jelas sehingga mudah dibaca dan dimengerti.

Dengan mencatat pengeluaran kas Anda lebih mudah mencari tahu berapa jumlah modal yang sudah dikeluarkan. Sehingga Anda bisa membuat strategi yang akan dilakukan dari sisa modal yang masih tersisa untuk membiayai usaha Anda.

Catat Pemasukan Kas

Tidak hanya pengeluaran kas saja yang perlu dicatat, karena pemasukan kas juga penting untuk dicatat. Sehingga Anda bisa dengan mudah tahu berapa pemasukan per hari yang Anda dapatkan dan asalnya dari mana.

Maka dari itu, sebaiknya catat pemasukan kas ini setiap hari ketika terdapat pemasukan dari penjualan produk atau jasa. Sehingga Anda juga lebih mudah mengetahui besarnya keuntungan yang didapatkan dari usaha yang sedang Anda jalankan tersebut.

Catat pada Buku Kas Utama

Cara membuat catatan keuangan usaha setelah membuat catatan pengeluaran dan pemasukan kas adalah membuat buku kas utama. Buku ini digunakan untuk menghubungkan antara catatan pengeluaran kas dengan catatan pemasukan kas.

Dengan buku ini Anda lebih mudah mengetahui besar keuntungan dan kerugian yang sedang dialami bisnis atau usaha Anda. Buku ini juga bisa digunakan untuk membuat strategi yang sesuai apabila usaha Anda membutuhkan biaya tak terduga di masa depan.

Membuat Laporan Stok Barang

Dalam sebuah usaha tentunya stok barang sangat penting, makanya perlu dicatat jumlahnya agar Anda bisa tahu sisa barang yang belum terjual. Selain itu dengan membuat laporan stok barang Anda juga lebih mudah melacak barang yang hilang.

Anda juga jadi tahu stok barang mana yang hampir habis dan perlu membeli lagi, sehingga Anda bisa mempersiapkan modal yang dibutuhkan. Makanya dalam sebuah usaha ada baiknya jika Anda mencatat setiap keluar masuk barang agar memudahkan Anda.

Menghitung Laporan Laba Rugi

Anda selanjutnya juga perlu membuat laporan laba rugi, tujuannya untuk mengetahui jumlah pendapatan bersih yang diperoleh perusahaan. Selain itu laporan ini juga membantu Anda mengetahui jumlah kewajiban yang masih harus Anda bayar.

Cara membuat catatan keuangan usaha laba rugi ini akan mempermudah Anda mengetahui apakah usaha Anda untung atau rugi. Laporan ini juga mempermudah Anda untuk mengevaluasi strategi usaha yang sudah dilakukan agar lebih baik di masa depan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button