BisnisKeuangan

Cara Menghitung Persen Penjualan untuk Keuntungan dan Kerugian

Mengetahui cara menghitung persen penjualan merupakan hal yang wajib bagi pelaku usaha atau bisnis. Terdapat banyak jenis perhitungan yang dimaksud, yaitu keuntungan dan kerugian, besaran diskon dan juga komisi jika anda membuka lowongan dropship atau sejenisnya. Dari semua jenis tersebut, anda setidaknya menguasai salah satunya sebagai dasar acuan untuk perhitungan lainnya.

Sebenarnya tidak sulit untuk menghitung nilai suatu angka kedalam bentuk persen, karena sudah dikenal dan dipelajari saat sekolah. Namanya juga manusia, terkadang juga lupa atau mungkin juga belum memahami seluruhnya. Bisa jadi mungkin anda tidak mengetahui jika hal itu sangat bermanfaat saat ini, sehingga dulu mengabaikan pelajaran Matematika bab persentase.

Apapun alasannya, saat ini anda harus menguasainya jika ingin serius dalam mengembangkan bisnis penjualan. Pasalnya, dengan mengetahui nilai persen dari penjualan, anda bisa melihat perkembangan dari produk yang dijual. Dengan demikian, anda bisa melakukan perubahan strategi penjualan jika didapat angka yang tidak sesuai target.

Baca Juga : Tips promosi di whatsapp business supaya laris

Cara Menghitung Persen Penjualan

Bentuk persen bisa diartikan sebagai per seratus yang sering digunakan sebagai perbandingan dua angka yang berbeda. Dalam hal penjualan, angka yang dimaksud bisa kadi apa saja. Misalkan angka kerugian, keuntungan, diskon dan juga besaran bunga dari kredit atau cicilan. Nah, kali ini kami mencoba berbagi cara menghitung persen penjualan dari semua angka tersebut.

Rumus Perhitungan Persen

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai perhitungan persentase penjualan, ada baiknya anda mengetahui rumus dasar terlebih dahulu. Jika anda sudah memahami dan menguasai rumus ini, hampir dipastikan anda bisa menghitung semua hal yang berkaitan dengan persen.

cara menghitung persen penjualan

Contoh: Jika awal mula anda mempunyai produk sejumlah 100, kemudian laku sebanyak 25, berapa persentase dari penjualan tersebut?

Artinya, produk yang laku sebanyak 25% dari produk semula. Sedangkan untuk persentase dari sisa produk yaitu 75% dari hasil pengurangan yang didapat.

Cara Menghitung Persen Keuntungan

Dengan modal rumus dasar diatas, anda bisa menghitung persen keuntungan yang didapat. Sebelumnya, anda harus mengetahui berapa modal dan keuntungan yang didapat untuk bisa menghitungnya.

Contoh: Anda membeli produk sepatu dengan harga 200.000, kemudian menjualnya lagi dengan harga 230.000. Berapa persen keuntungan yang didapat?

Jawab: Berhubung yang ditanya adalah keuntungan, maka sebelumnya anda harus menghitung besar kentungan tersebut. Selanjutnya, bagi dengan total modal dan dikalikan 100%. Agar tidak bingung, silahkan lihat cara detail berikut!

menghitung persen keuntungan

Contoh Menghitung Persen Kerugian

Cara menghitung persen penjualan berikutnya juga bisa dilakukan jika anda sedang mengalami kerugian. Harap dimaklumi ya, semua bisnis atau usaha pasti ada yang namanya rugi. Jadi anda bisa mempelajari perhitungannya mulai sekarang. Agar tidak bingung, kami berikan contoh soal yang simpel dan mudah dipahami berikut!

Baca Juga : Kemudahan menggunakan aplikasi pencatatan penjualan

Contoh: Setelah membeli sebuah Handphone baru seharga 4.500.000, ternyata anda membutuhkan uang untuk renovasi rumah sehingga harus menjualnya kembali seharga 4.050.000. Berapa persen kerugian yang anda alami?

Jawab: Rumus yang digunakan sama dengan cara menghitung persentase untung diatas. Bedanya, anda masukkan angka kerugian yang didapat dari selisih harga pembelian dan penjualan, yaitu 450.000 rupiah.

Menghitung Persen Diskon

Cara menghitung persen diskon tergolong cukup rumit dna tidak bisa menggunakan persis seperti rumus diatas. Akan tetapi dasarnya masih tetap menggunakan rumus tersebut. Agar tidak semakin pusing, silahkan melihat contoh cara menghitung persen penjualan dalam bentuk diskon.

Contoh: Saat belanja di supermarket, anda mendapatkan diskon untuk pembelian produk yang dimaksud. Besaran diskon tersebut ialah 40% dari harga sebesar 50.000 rupiah. Berapa rupiah diskon yang anda dapat? Berapa harga yang harus anda bayar setelah dipotong diskon?

Jawab: Tadi sudah dijelaskan bahwa persen merupakan per seratus, jadi dalam hal ini bisa didapat rumus 40 dibagi 100 kemudian dikalikan 50.000. Silahkan lihat contoh pengerjaan berikut supaya lebih jelas!

  • Diskon = 20.000
  • Jadi, anda mendapatkan potongan harga sebesar 20.000 rupiah untuk pembelian tersebut.
  • Untuk mendapatkan harga yang harus dibayar, gunakan rumus harga awal dikurangi besar diskon, yaitu 50.000 – 20.000 = 30.000 rupiah.

Cara Menghitung Persen Bunga

Pengertian bunga secara sederhana yaitu nilai yang ditambahkan dari jumlah awal tertentu. Besar kecilnya nilai tersebut tergantung dari besaran bunga yang diberikan. Bunga juga menggunakan satuan persen, jadi anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghitungnya.

Contoh: Anda mempunyai konter HP yang juga menyediakan cicilan sebagai metode pembayaran. Adan memberikan besaran bunga sebanyak 10% dari harga semula. Berapa total yang anda dapatkan jika HP tersebut seharga 2.000.000 rupiah?

Rekomendasi : Pentingnya sosial media marketing untuk berbisnis

Jawab: Untuk menghitungnya, anda bisa menggunakan rumus diskon persis seperti diatas. Namun kali ini anda tidak mengurangi dengan harga awal, melainkan menambahnya karena merupakan keuntungan tambahan.

Penutup

Sekian dulu artikel mengenai cara menghitung persen penjualan, mulai dari keuntungan dan kerugian, persen bunga serta diskon. Semoga informasi tersebut berguna dan memberikan manfaat bagi anda pelaku bisnis atau usaha dagang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button