Fintech

Contoh Fintech Crowdfunding untuk Kegiatan Sosial juga Bisnis

Contoh fintech crowdfunding saat ini telah banyak penggiat sosial yang meliriknya. Mereka menggunakan situs tersebut untuk melakukan praktik penggalangan juga pengelolaan dana yang besar. Pasalnya tren digital sudah menjadi gaya hidup warga Indonesia. Terutama kaum milenial atau kawula muda yang berada di kota-kota besar. Sudah dalam waktu kurang lebih 5 tahun terakhir, fintech menjadi platform baru yang efektif jika dipakai untuk crowdfunding.

Fintech sendiri merupakan singkatan dari financial technology, secara bahasa mempunyai arti teknologi keuangan. Sedang crowdfunding yakni sebuah metode pendanaan bagi mereka yang sedang membutuhkan dana guna mengembangkan usahanya, yang mana pendanaan tersebut dikumpulkan dari beberapa orang.

Terdapat beberapa contoh dalam situs tersebut. Berikut adalah ulasan untuk Anda.

pexels.com

Contoh Fintech Crowdfunding

ModalSaham

Platform ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan sebuah usaha, juga memberikan kemudahan dalam melakukan investasi. Adapun pembelian saham serta penggalangan pada platform ini memiliki dua cara yakni Project Equity Crowdfunding dan Company Equity Crowdfunding. Adapun konsep yang platform ini miliki yakni mempertemukan seorang pengusaha dengan investor institusi maupun ritel. Mayorita mitra usaha yang bekerja sama dengan ModalSaham yakni UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) serta perusahaan startup atau rintisan.

Apabila akan bermitra dengan menggunakan platform yang satu ini, perusahaan-perusahaan harus melalui seleksi yang begitu ketat serta dari berbagai macam aspek. Misalnya saja dari tata kelola, amisistras, sampai dengan prospek bisnis.

Santara

Santara Daya Inspiratama telah secara resmi mendapatkan sebuah izin juga telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Izin tersebut sebagai perusahaan yang pertama kali menyelenggarakan Layanan Urun Dana dengan melalui penawaran yang berbasis Equity Crowdfunding. 

Kegiatan usaha tersebut mendapat pengawasan serta diatur oleh OJK dalam rangka untuk memberikan sebuah kepastian hukum juga perlindungan dari pihak yang ikut terlibat. Melalui Santara, masyarakat bisa melakukan urun dana guna mempunyai sebuah bisnis yang telah berjalan, maka tidak membutuhkan modal besar.

Santara fokus pada layanan Urun Dana untuk pengusaha-pengusaha kecil. Misalnya saja seperti makanan, peternakan hewan domba dan bebek, juga terdapat pula perkebunan pepaya dan durian.

BenihBaik

Menjadi salah satu contoh fintech crowdfunding. Platform ini memiliki tujuan dalam memberikan sebuah solusi ulurkan bantuan bagi masyarakat.

10 persen dari total kurang lebihnya 260 juta penduduk masih berada pada garis kemiskinan, hal tersebut berdasarkan dari data Badan Statistik. Dengan artian, berkisar 26 jiwa masih belum bisa menikmati hidup yang layak sehingga perlu bantuan. Oleh karena itu, platform BenihBaik ini terbentuk untuk bisa mempertemukan masyarakat yang membutuhkan sebuah bantuan dengan mereka yang ingin memberikan bantuannya untuk sesama.

Pada platform ini terdapat dua kegiatan, yakni untuk kegiatan pertama berhubungan dengan kegiatan sosial. Sedangkan untuk kegiatan yang kedua berhubungan dengan usaha, terutama yang memiliki jenis kewirausahaan sosial (sociopreneurship).

Kitabisa

Salah satu contoh fintech crowdfunding selanjutnya yakni Kitabisa. Pasalnya Fintech sangat berguna sekali untuk masyarakat yaki jenis Crowdfunding. Sebab platform tersebut salah satu bentuk dari pendanaan yang memiliki modal, modal tersebut berasal dari orang-orang sebagai pemilik modal. Nantinya modal tersebut akan diberikan untuk bisnis atau kegiatan sosial. Seperti Kitabisa ini sebagai wadah mengumpulkan dana bagi kebutuhan sosial.

Misalnya saja seperti kebutuhan mendanai orang-orang yang terkena musibah bencana alam, sampai dengan membangun tempat ibadah yang berada di penjuru daerah.

Nah itu tadi beberapa contoh dari fintech crowdfunding yang perlu Anda ketahui. Dengan adanya platform tersebut dapat dengan mudah dalam melakukan kegiatan sosial atau bisnis untuk sesama yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button