Keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan Penting Anda Terapkan di Dunia Bisnis

Fungsi manajemen keuangan bisa membantu dalam usaha atau bisnis Anda. Pasalnya dengan Anda melakukan pengelolaan uang secara baik dan juga benar, usaha Anda akan semakin berkembang. Bahkan semua yang berkaitan dengan keuangan, sebaiknya Anda atur dengan manajemen keuangan serta dibukukan dalam bentuk laporan keuangan. Supaya Anda mengetahui lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Fungsi Manajemen Keuangan Penting Anda Terapkan di Dunia Bisnis
pexels.com

Fungsi Manajemen Keuangan dalam Bisnis

Manajemen keuangan sendiri adalah sebuah kegiatan dalam merencanakan, mengatur, mengarahkan, juga mengatasi pada kegiatan keuangan maupun finansial. Maka dari itu perlu Anda ketahui jika Anda selaku pelaku usaha.

Perencanaan (Planning)

Perencanaan atau planning pada keuangan merupakan salah satu aktivitas yang paling penting di sebuah perusahaan. Dalam perencanaan, fungsi manajemen keuangan meliputi penghitungan sebuah rugi juga laba (keuntungan), pengaturan dalam arus kas serta juga dalam perencanaan arus kas.

Penganggaran (Budgeting)

Setelah sebuah perusahaan selesai dalam melakukan sebuah planning keuangan. Adapun langkah selanjutnya yakni penganggaran. Pasalnya sebuah perusahaan harus mengalokasikan uangnya atau dana dari sebuah kas pada perusahaan. Kemudian dapat digunakan untuk biaya berbagai keperluan. Uang atau dana yang akan dikeluarkan diharapkan dapat meningkatkan sebuah operasional dalam perusahaan. Maka perusahaan tersebut dapat mencapai target yang telah ditentukan.

Pengendalian (Controlling)

Selanjutnya fungsi manajemen keuangan yang perlu Anda ketahui yakni sebuah pengendalian atau controlling. Selama usaha telah berjalan dengan baik, maka sebuah perusahaan harus mampu mengendalikan dan juga melakukan evaluasi bagan keuangannya. Dalam hal ini mempunyai tujuan agar bisa memperbaiki sistem keuangan yang biasanya dianggap kurang efektif bagi keuangan dalam perusahaan.

Memeriksa (Auditing)

Dalam pengelolaan keuangan juga mempunyai fungsi sebagai memeriksa atau auditing. Maka dalam hal ini, manajemen mempunyai fungsi menjadi auditor maka akan melakukan pemeriksaan keadaan keuangan dalam perusahaan.

Laporan (Reporting)

Adapun fungsi dari pengelolaan keuangan yang terakhir yakni sebuah reporting atau laporan. Pasalnya pembukuan sebuah laporan harus dilakukan dengan transparan untuk setiap perusahaan yang menjalankan termasuk usaha milik Anda. Bukan hanya itu saja, informasi yang berkaitan dengan keadaan sebah keuangan perusahaan harus juga disampaikan.

Tugas serta Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Dalam pengambilan sebuah keputusan keuangan merupakan sebuah tuga juga tanggung jawab yang sangat besar seorang manajer. Maka dari itu, adanya tanggung jawab dalam pengambilan sebuah keputusan seorang manajer terbagi menjadi tiga.

Investment Decision

Dalam fungsi yang satu berkaitan dengan pemilihan sebuah investasi yang Anda inginkan. Apabila terdapat sebuah kesempatan bisa memilih satu ataupun lebih alam alternatif investasi yang memiliki nilai keuntungan.

Financing Decision

Selanjutnya mengenai permasalahan dalam pemilihan bentuk dari sumber dana yang a. Untuk melakukan sebuah investasi dengan memilih harga alternatif pembelajaran menimbulkan biaya murah.

Dividend Decision

Dalam hal ini mengenai sebuah masalah yang berkaitan dengan penentuan besarnya persentase dari keuntungan. Dimana para pemegang saham akan dibayar sebagai dividen tunai dari besarnya sebuah persentase laba.

Pasalnya sebuah manajemen keuangan harus diolah serta dikelola dengan baik juga benar. Sebab hal tersebut nantinya akan berkaitan dengan kesehatan dalam bisnis atau usaha Anda yang sedang berjalan. Sehingga dalam pelaksanaannya, pengelolaan keuangan mempunyai tujuan serta manfaat bagi bisnis Anda.

Maka dari itu, Anda harus mempelajarinya sebagai posisi pemilik dari bisnis, manajer keuangan, serta investor yang harus memastikan pengelolaan keuangan dengan tepat. Pastikan juga menerapkan fungsi manajemen keuangan dengan baik, kemudian Anda susun dengan akurat, jika tidak bisa terjadi sebuah kesalahan, maka strategi dalam bisnis Anda bisa mengalami kegagalan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button