Perusahaan

Mengenal Karakteristik Perusahaan Perseorangan yang Belum Diketahui

Karakteristik perusahaan perseorangan sangat penting untuk diketahui. Salah satu cirinya perusahaan yang dimiliki oleh satu orang saja. Pemilik perusahaan bertanggung jawab secara penuh dalam kelangsungan usaha secara modal menggunakan modal milik sendiri. Seluruh imbal hasil perusahaan perseorangan akan dimiliki oleh pemilik.

Mengenal Karakteristik Perusahaan Perseorangan yang Belum Diketahui
pixabay.com

Simak Karakteristik Perusahaan Perseorangan

Perusahaan perseorangan adalah perusahaan yang diolah atau dijalankan hanya oleh satu orang. Pengolahan dari perusahaan tersebut akan memperoleh seluruh keuntungan perusahaan. Pengolahan yang dibutuhkan tidak terlalu besar daripada jenis perusahaan lain.

Namun pengelola harus mengambil risiko yang akan terjadi pada perusahaan tersebut. Hal ini mengingat hanya satu orang saja yang memanage perusahaan tersebut.

Mudah Didirikan

Perusahaan perseorangan merupakan jenis perusahaan yang relatif mudah untuk didirikan karena akan ditentukan oleh satu orang saja. Satu orang yang bertindak sebagai pemilik usaha modal bahkan sebagai pemimpin usaha. Sebagai usaha yang dimiliki oleh satu orang jadi semua ketetapan dan ketentuan usaha bisa ditentukan dengan mudah.

Selain itu jenis dan karakteristik perusahaan perseorangan lingkup usahanya relatif kecil jadi modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Maka dari itu, waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama untuk melakukan perencanaan usaha dan mempersiapkan modal yang diperlukan.

Modal Relatif Kecil

Saat membangun dan merintis usaha pastinya Anda harus mempunyai modal. Setiap jenis perusahaan pasti membutuhkan modal yang berbeda. Untuk perusahaan perseorangan membutuhkan modal relatif kecil karena usaha yang dibangun merupakan biaya operasional dan usaha kecil yang dibutuhkan tidak besar.

Imbal Hasil yang Diperoleh Kecil

Besar kecilnya suatu usaha akan mempengaruhi pendapatan atau imbal hasil yang akan diterima. Seperti yang diketahui saat membangun dan menjalankan perusahaan perseorangan membutuhkan modal yang kecil dan kemungkinan besar imbal hasil yang diperoleh kecil. Tetapi tidak menutup kemungkinan perusahaan perseorangan dengan modal kecil akan menghasilkan imbal hasil yang besar.

Tidak Mempunyai Izin Resmi

Karakteristik perusahaan perseorangan yang selanjutnya tidak mempunyai izin resmi. Saat membangun jenis perusahaan ini anda tidak membutuhkan izin jadi tidak membutuhkan waktu untuk memulai usaha.

Umumnya perusahaan perseorangan merupakan usaha dalam skala rumahan. Misalnya seperti bisnis laundry, bengkel, warung makan, salon kecantikan, dan sebagainya.

Minim Pajak

Perusahaan perseorangan yang dimiliki oleh 1 orang termasuk usaha dalam relatif kecil. Sebagai usaha kecil jenis tersebut tidak dibebankan pajak. Tetapi jika perusahaan perseorangan yang dimiliki mempunyai tempat usaha berarti mengharuskan pemilik untuk membayar pajak bangunan dengan nominal yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Sedangkan karakteristik perusahaan perseorangan seperti penjual bakso gerobak, toko kelontong, dan yang lainnya tidak akan dikenakan pajak.

Kelangsungan Usaha Tergantung Pemilik

Perusahaan perseorangan mempunyai modal yang berasal dari pemilik perusahaan tersebut. Sebagai pemilik dan pemimpin usaha berarti segala kegiatan yang dilakukan pada usaha tersebut tergantung dengan pemiliknya.

Jika pemilik tidak melanjutkan produksi maka usaha tersebut benar-benar berhenti. Jadi tidak heran jika perusahaan perseorangan dikenal sebagai jenis perusahaan yang mudah untuk dibubarkan.

Pengelolaannya Sederhana

Proses produksi pada perusahaan perseorangan masih menggunakan alat dan teknologi yang sederhana jadi produk yang dihasilkan sedikit. Selain itu pengelolaan perusahaan perseorangan masih sederhana karena imbal hasil dan pengeluaran relatif kecil. 

Karakteristik perusahaan perseorangan membutuhkan modal relatif kecil dan imbalan hasil yang diperoleh relatif kecil. Hal ini dikarenakan dijalankan hanya satu orang dengan modal yang dimiliki. Perusahaan perseorangan relatif mudah untuk didirikan tetapi juga mudah untuk berhenti, berbeda seperti perusahaan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button