BisnisFintech

Rekomendasi Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

Mempunyai aplikasi pencatatan penjualan dalam melakukan aktivitas jual beli bisa jadi sangat menguntungkan. Pasalnya, banyak kemudahan yang diberikan dengan macam-macam fitur yang tersedia. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual di buku kas atau buku penjualan seperti dahulu kala.

Kemudahan yang diberikan beberapa aplikasi pembukuan memang cukup nyata. Anda hanya perlu input pemasukan dari penjualan, biaya operasional, dan juga biaya produksi (harga beli) untuk mendapatkan nilai keuntungan atau kerugian secara otomatis.

Sebagai contoh anda ingin memasukkan pemasukan hari ini dari nilai penjualan, maka anda bisa memasukkannya pada bagian pendapatan.

Aplikasi tersebut juga tersedia untuk berbagi kategori umum, misalkan operasional, pajak, bahan makanan DLL. Bahkan anda bisa membuat kategori tersendiri jika di sana tidak disediakan.

Tidak perlu takut data anda akan bocor, karena aplikasi yang sudah terdaftar di Playstore maupun AppStore sudah menjamin keamanan pengguna. Terlebih, anda bisa mendapatkan aplikasi bermanfaat tersebut secara gratis tanpa adanya fitur pembelian apapun.

Baca Juga : Banyak Orderan Masuk dari Promosi Produk di Whatsapp

Aplikasi Pencatatan Penjualan Gratis

erkembangan teknologi bisa jadi sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Bagi pelaku usaha, terutama penjualan, aplikasi pencatat penjualan gratis bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan, baik harian, bulanan maupun tahunan.

Bahkan anda bisa menggunakannya tanpa koneksi internet, menarik bukan? Berikut beberapa aplikasi rekomendasi dari kami yang pastinya cukup mudah dipahami dari segi penggunaannya !

BukuKas

BukuKas merupakan aplikasi pembukuan offline yang dikembangkan oleh PT Beegroup Financial Indonesia. Saat ini sudah digunakan lebih dari 5 juta pengguna Android dengan rating 4.6 bintang. Bukan tanpa alasan kenapa banyak yang menggunakannya, salah satunya yakni dari segi penggunaan yang sangat mudah dipahami.

Terdapat dua poin penting di dalam aplikasi tersebut, yakni pengeluaran dan pemasukan. Anda tinggal memasukkan angka atau nilai sesuai dengan kedua poin diatas. Selanjutnya, masukkan kategori dari nilai tersebut, misalkan makanan atau minuman, transportasi, total penjualan DLL.

Akuntansiku

Sebagai pendatang baru dalam hal aplikasi pembukuan keuangan, Akuntansiku menawarkan fitur yang cukup lengkap. Anda bisa dengan mudah membuat laporan transaksi keuangan, baik itu pemasukan maupun pengeluaran, neraca saldo, hutang piutang dan masih banyak lagi.

Kelebihan utama dari aplikasi yang satu ini yakni dari segi keamanan yang terjaga 100%. Selain itu, tidak ada batasan pembuatan transaksi yang dilakukan, jadi sangat memungkinkan untuk membuat laporan tahunan.

Keutamaan lain yang tidak kalah penting yakni dapat memberikan multi akses, jadi sangat berguna jika anda mempunyai banyak karyawan dengan akses masing-masing.

Teman Bisnis

Satu lagi aplikasi pencatatan penjualan Android maupun iPhone hasil karya anak negeri yakni Teman Bisnis. Sama halnya dengan aplikasi lain, fitur utamanya yakni sebagai pencatat transaksi keuangan dari hasil penjualan yang dilakukan.

Selain itu, terdapat juga fitur lain seperti mengelola stock barang, mencatat utang piutang, evaluasi laporan keuangan dan masih banyak lainnya.

Anda juga bisa mengelola kontak dari pelanggan atau supplier barang dengan cara yang lebih efektif. Jika diperlukan bukti transaksi dari penjualan yang dilakukan, anda bisa mendapatkannya dengan fitur Invoice transaksi. Keren bukan ?

BukuWarung

Setidaknya, anda pernah mendengar nama yang satu ini bukan? Karena beberapa waktu lalu, aplikasi pembukuan usaha kecil ini sempat mengisi iklan di media televisi nasional. Fungsinya pun sama, yakni untuk mencatat transaksi penjualan yang bisa dilakukan online maupun offline.

Bagi anda pelaku usaha kecil seperti kios, warung atau jual pulsa, aplikasi yang sudah di download lebih dari 5 juta pengguna Android ini layak untuk dicoba.

Anda bisa membayar tagihan antar bank yang bisa dilakukan gratis tanpa biaya admin. Selain itu, anda bisa menggunakannya jika mempunyai lebih dari satu bisnis dengan fitur Multi Bisnis yang tersedia.

Zahir Online

Apabila anda selalu terhubung dengan jaringan internet, aplikasi pencatatan penjualan online dengan nama Zahir ini pastinya cocok digunakan. Sebelumnya, anda mungkin mengenalnya dalam bentuk website yang bisa diakses melalui https://go.zahironline.com.

Saat ini anda tentu tidak lagi membutuhkan akses situs tersebut untuk membuat laporan keuangan, karena sudah tersedia dalam bentuk aplikasi. Hampir mirip dengan fitur dari aplikasi lain, hanya sedikit perbedaan dari user interface yang disediakan.

Pawoon

Lebih dikenal sebagai aplikasi kasir gratis, bukan berarti Pawoon tidak dapat digunakan untuk mencatat penjualan. Fitur yang disediakan sangat mirip dengan semua aplikasi pencatat keuangan diatas. Bahkan anda bisa membuat perhitungan diskon dengan cara yang mudah melalui fitur Manajemen Promo & Diskon.

Bagaimana dengan fitur metode pembayaran, apakah juga tersedia di sana? Bukan hanya tersedia, namun bisa dikatakan cukup lengkap. Anda bisa menggunakan uang tunai, kartu, dan juga dompet digital. Menariknya, anda juga bisa membuat split pembayaran dalam satu transaksi sehingga lebih cepat dan efektif.

Penutup

Apabila anda bingung memilih salah satu aplikasi diatas, silahkan dipikirkan terlebih dahulu fungsi utamanya. Karena beberapa aplikasi pencatatan penjualan tersebut memberikan fitur unggulan masing-masing. Semoga dengan adanya rekomendasi diatas, anda tidak lagi kebingungan untuk membuat transaksi laporan keuangan ya !

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button