BisnisMarketing

Teknik dan Strategi Pemasaran yang Efektif

Teknik dan strategi pemasaran penting untuk dipelajari sebelum memulai berbisnis. Dengan menentukan teknik yang tepat serta strategi pemasaran yang efektif, tentu akan berdampak positif untuk usaha yang kita tekuni. Hal ini harus dilakukan secara konsisten dan terus dikembangkan seiring dunia digital merketing itu berkembang.

Dengan teknik yang tepat akan mendapatkan sasaran sesuai target yang sudah kita tentukan. Diimbangi dengan strategi pemasaran yang efektif tentu akan menghemat biaya anda dalam mempromosikan bisnis anda.

Perencanaan Teknik dan Strategi Pemasaran

Langkah awal yang perlu dilakukan tentu menyusun dan merencanakan sebuah strategi pemasaran. Hal ini menjadi sebuah acuan untuk perusahaan maupun bisnis individu dalam mencapai hal-hal yang diharapkan. Namun seiring berkembangnya zaman tentu akan akan berkembang sedemikian rupa. Berikut langkah-langkah teknik dan strategi pemasaran yang bisa menjadi acuan.

Menentukan Target Pasar

Dalam membangun sebuah bisnis, kita perlu menentukan target pasar yang hendak kita masuki. Perlu membaca berbagai riset yang mungkin para ahli telah membahasnya. Karena semakin spesifik target pasar yang akan dibidik, akan memiliki peluang besar untuk berhasil. Banyak jurnal-jurnal yang bisa kita dapatkan mengenai teknik dan strategi pemasaran tersebut.

Baca Juga : Tips Jitu Untuk Promosi Produk di Whatsapp

Sebagai contoh, jika kita hendak membangun bisnis terkait alat kosmestik. Kita perlu melakukan riset mulai usia dari calon pembeli. Apakah produk ini cocok untuk kalangan remaja, dewasa atau orang tua. Berapa batas usia untuk kategori remaja, dewasa dan orang tua. Setelah hal tersebut ditentukan, anda bisa masuk teknik dan strategi pemasaran berikutnya.

Membangun Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu platform yang bisa dijadikan sebagai tempat promosi. Disamping itu, media sosial juga menjadi tempat yang efektif untuk menarik para calon pembeli. Hampir semua orang memiliki media sosial, bahkan setiap hari mereka mengakses media sosial tersebut.

Teknik dan strategi pemasaran bisa menggunakan berbagai media sosial yang ada. Tapi perlu diingat, setiap kategori usia tentu memiliki trend media sosial mereka masing-masing. Seperti remaja, mereka tentu lebih populer dengan instagram. Berbeda dengan orang tua, yang cenderung lebih populer dengan facebook.

Tidak salah juga menggunakan beberapa media sosial yang anda. Namun akan lebih efektif dan efisien ketika melakukan promosi itu tertarget pada kategori usia serta trend media sosial pada kategori usia tersebut.

Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan banyak influencer di mesia sosial. Hal ini juga cukup efektif dilakukan, agar para pengikut dari influencer tersebut mengetahui bisnis ataupun produk yang kalian tawarkan.

Memberikan Produk Gratis Adalah Teknik dan Strategi Pemasaran

Gratis adalah salah satu kata yang sangat sering dicari oleh para konsumen. Sehingga memberikan produk secara gratis merupakan hal yang efektif untuk menjaring para calon konsumen anda. Teknik dan strategi pemasaran ini sering dilakukan pada saat awal pembukaan berbagai bisnis atau usaha.

Sebagai konsumen atau pelanggan baru, mereka belum pernah mencoba produk yang kita tawarkan bukan ? Nah dengan memberikan produk gratis inilah sebagai langkah awal untuk memperkenalkan bisnis dan produk tersebut. Hal ini bisa dilakukan secara door to door maupun saat ada event yang berjalan.

Jika anda menawarkan sebuah jasa, kalian bisa memberikan free trial atau percobaan gratis. Sehingga para calon konsumen dapat merasakan manfaat dari jasa yang kalian tawarkan.

Tempat Strategis Untuk Memasarkan Produk

Memasarkan produk secara online melalui media sosial memang cukup efektif. Namun akan lebih bagus jika diimbangi dengan memasarkan produk secara offline juga. Memasarkan produk secara offline tentu membutuhkan tempat yang strategis untuk mendapatkan konsumen.

Apabila target konsumen anda adalah mahasiswa, tentu akan lebih mudah memasarkan produk disekitar kampus ataupun universitas. Berbeda dengan target konsumen orang tua, kita akan lebih mudah memasarkan produk di lingkungan perkantoran ataupun tempat kerja.

Memberikan Insentif untuk Rekomendasi Produk

Sebuah produk akan terlihat apik serta dipercaya apabila ada yang memberikan rekomendasi pada produk atau barang tersebut. Rekomendasi akan anda peroleh tentunya dari para konsumen yang telah merasakan produk atau jasa anda. Memberikan insentif adalah salah satu teknik dan pemasaran produk yang ampuh untuk mendapatkan berbagai rekomendasi tersebut.

Insentif yang diberikan disini tidaklah harus berupa uang ataupun sesuatu yang gratis. Anda bisa memberikan merchaindise kecil ataupun diskon potongan harga. Dengan adanya hadiah tersebut tentu para konsumen akan tertarik untuk berbagi testimoni mereka kepada rekan-rekannya.

Sebagai perusahaan ataupun pemilik bisnis tentu akan diuntungkan dengan adanya hal tersebut. Pertama, kita mendapatkan konsumen yang loyal kepada kita. Kedua, para orang yang mendapat informasi terkait testimoni tersebut berpeluang besar untuk ikut menggunakan produk kita.

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Membangun serta menjalin hubungan baik dengan pelanggan atau konsumen juga merupakan teknik dan strategi pemasaran produk. Dengan adanya hubungan baik yang terjalin tentu akan membuat konsumen membeli produk secara berulang-ulang.

Jumlah pembelian yang tinggi pada suatu produk juga akan mempengaruhi para calon pembeli. Karena dengan jumlah pembelian tinggi pada suatu produk akan menimbulkan mindset bahwa produk itu memiliki kualitas yang bagus.

Memberi Penghargaan Pada Konsumen

Ada hal penting berikutnya setelah terjalin hubungan yang baik dengan konsumen, yaitu penghargaan. Memberikan penghargaan pada konsumen yang loyal dengan perusahaan atau bisnis anda tentu akan memberikan imbas positif pada bisnis anda.

Ditengah persaingan banyaknya produk saat ini, anda tidak boleh melupakan para pelangga setia tersebut. Berikan sedikit hadiah atau penghargaan agar tetap menjaga hubungan baik dengan para pelanggan setia tersebut.

Penutup

Itulah sedikit tips mengenai teknik dan strategi pemasaran produk dari bisnis yang mungkin hendak anda mulai. Perlu riset yang mendalam untuk mendapatkan cara pemasaran produk yang tepat dan efektif untuk bisnis yang ditekuni.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa tinggalkan kritik dan saran untuk berkembangnya blog ini ya. Terima kasih sudah berkunjung.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button